Monday, March 5, 2012

Artis Pendatang Baru Mewabah Indonesia


Sepertinya tahun 2012 ini adalah tahun dimana membludaknya artis pendatang baru seperti pelawak dan penyanyi baru. Entah kenapa saya berpikir tahun ini Indonesia ingin sekali menyaring manusia-manusia berbakat seperti yang saya bilang tadi. Seolah-olah semuanya akan dijadikan seorang artis, terutama penyanyi dan pelawak. Namun mirisnya ada beberapa yang popularitasnya tak bertahan lama.

Yah, mungkin saja beberapa diantaranya masih tetap bertahan. Saya menanggapinya positif saja. Bagus donk kalau ada banyak orang yang punya bakat dan mau menyalurkannya. Tapi saya khawatir ketika seseorang telah menjadi ‘seseorang’ atau katakanlah benar-benar menjadi artis, kualitas hiburannya tidak menarik dan garing. Dan hal ini sangat mengganggu.

Ditambah lagi disertai dengan kepribadian yang sombong dan lupa diri. Beeeh mirip Ruvita gitu kali ya. Belum terkenal aja udah durhaka nggak mengakui keluarganya. Ada beberapa kontes menyanyi dan melawak yang nantinya membawa mereka pada gelar artis (emang sarjana doank yang punya gelar?). Diantaranya Indonesian Idol (II), Supertar Galaxi, audisi Orang Lucu Indonesia (OLI) dll. Jadi, tak heran bukan kalau Indonesia akan menyaring artis-artis baru di dunia hiburan ini.

Saya harap yang menjadi penyanyi bisa menyanyi dengan baik dan bagus. Nggak modal wajah cakep aja. Sementara pelawak bisa menghibur semua orang. Lawakannya nggak garing. Tahu tempat dimana saatnya melawak. Melihat siapa yang diajak ngelawak. Karena kita tahu bahwa sekarang banyak pelawak yang juga bisa menjadi (jadi-jadian) presenter/MC.


Misalnya Olga Syahputra yang kesehariannya melawak sekaligus menjadi pembawa acara di Dahsyat. Saya tahu Olga baik, tapi sayang tidak tahu tempat dimana harus melawak. Lawakannya pun cenderung menjelek-jelekan orang, tidak menghargai seseorang dan tidak cerdas. Baginya apa yang Olga lontarkan tidak masalah, tapi mungkin bagi yang menjadi korban lawaknya bisa tersinggung?

Saya sebal dan malu ketika Olga dengan sengaja atau lebih tepatnya tidak menghargai kedatangan AKB48 girlband asal Jepang di Dahsyat kemarin. Ketiga personil AKB48 susah payah menulis beberapa kata bahasa Indonesia di tangan mereka (istilahnya menyontek) untuk mereka katakan kepada fansnya di Jakarta dan menghargai Indonesia. Tapi sikap Olga malah sebaliknya. (baca Artikel ‘Olga Syahputra Kembali Dihujat Setelah Mengejek AKB48’ plus video)

Begitu juga ketika Tora Sudiro dan Vincent menjadi presenter di acara ultah Indosiar kebetulan ada boyband N’Sonic dari Korea. Saat mewawancarai N’sonic pun para presenter itu mengajarkan beberapa kata Indonesia yang jauh beda dari artinya. Mereka malah ngelawak geje. Menurut saya mereka payah sekali. Amat sangat disayangkan ketika mereka sangat antusias menjawab pertanyaan. Itu hanya dua contoh yang menurut saya tidak pantas di contoh untuk pelawak yang mau mencoba nyemplung jadi presenter.

Sementara BGBI (Boyband Girlband Indonesia) adalah ajang pencari bakat boyband dan girlband yang sudah berakhir (tapi katanya mau di adain audisi BGBI 2), dan sejak itu saya melihat bahwa acara televisi lainnya langsung mengambil tindakan untuk mengadakan audisi-audisi lainnya. Jujur, saya bosan dengan tayangan serupa. Apalagi pemilihannya ditentukan poling SMS, beuh, nggak mau rugi. Saya ogah ikutan poling. Ngabisin pulsa aja XD


Saya malah lebih suka menonton acara peserta audisinya daripada beberapa orang sudah terpilih dan nyanyi di panggung. Misalnya audisi II yang sampai hari ini berlangsung. Suka banget nontonnya, soalnya kadang ada peserta-peserta yang lucu, bikin ketawa, dan mengejutkan. Justru itu yang membuat saya terhibur dan tertawa.

Baru-baru ini saya melihat sekilas tayangan acara baru di TV, yakni Fress and Fun dan Tahan Tawa di TransTV. Sepertinya bakal bagus. Saya suka acara yang menghibur, suka acara humor, dan saya suka tertawa. Walaupun saya suka dengan acara seperti itu, bukan berarti saya sering nonton acara itu. Hanya sesekali atau nggak sengaja didepan TV, saya pasti nonton.

Well, kita lihat saja siapa kira-kira yang bakal jadi artis dadakan dan bertahan layaknya artis beneran. eeeaaa….! (kata-katanya berat) *menghilang*

36 comments:

  1. aku suka yang "tahan tawa", haha, lucu.
    aku jarang tau tentang olga yang ternyata menjelek-jelekkan pendatang baru, seharusnya kan olga menghargai mereka yang baru belajar bahasa indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, tapi si Olga malah sebaliknya. pasang wajah gak suka. liat aja videonya.

      nonton Tahan Tawa emang lucu banget :D

      Delete
    2. mau nonton videonya, tapi lemod di lepiku, mau download tapi males juga, lebih enak mbaca2 dan berkomentar aja.. hwehe

      Delete
  2. kalau Olga sih aku memang gak suka sama gaya melawaknya, gak bikin aku ketawa
    pelawak sekarang kayaknya gak ada yg kayak pelawak jaman dulu keren2 kayak Warkop DKI jadi presenter mereka juga tetep OK :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya aku gak begitu suka Warkop DKI dan gak begitu tahu betul :D

      Delete
  3. udah lama banget ngga nonton TV, apalagi acara2 pencarian bakat bgitu, udah ngga ngikutin lagi :(

    ReplyDelete
  4. Binatang berbisa kayak dia kok dibiarin berkeliaran seenaknya gitu sih? Sampe bisa masuk TV dan mencoreng nama bangsa pula? Woy petugas kebun binatang, ini tolong satwanya ditertibkan yah...hehehe...

    ReplyDelete
  5. Yang paling gak banget menurut aku si Ogah Saputro itu loh... Ceplas-ceplos tapi gak bermanfaat banget...

    ReplyDelete
  6. Hhaahhaaa.,.
    Kalo Olga Candaannya malah jelek"in orang lain.,. nggak asyik.,., :D

    ReplyDelete
  7. pwlwak Indonesia semuanya cuma punya modal ngebully orang -.-'
    gue cuma berharap para stand up comedian yg cerdas2 menggantikan pwlawak murahan di Indo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener. setuju. stand up comedi lawaknya bagus. bikin ketawa dan menghibur.

      Delete
  8. dulu ada blogger yang bilang, eh tepatnya secara ga langsung bilang kalo pelawak yang bagus itu ialah pelawak yang lawakannya emang natural lucunya... ga dibuat2.... dalam hal ini bisa diliat sule, rina nose, ncytagina. gue pernah dibilang ada bakat ngelucu sama dia, gara2nya dia selalu ketawa baca tulisan2nya gue. padahal jujur gue lagi ga ngelucu. hahahahha

    fan jujur kadang olga emang over.... -_______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka lawakannya Rina :D

      wah blognya si Nuel dibaca artis. kereeen :D

      Delete
    2. eh bukan... maksudku si blogger itu yang bilang blogku lucu. -_____-

      Delete
  9. artis dadakan dan boy band kayaknya baru mewabah di indonesia. gak ada yang filter si masalahnya hehehe...
    salam kenal yah :)
    sekalian follow :D

    ReplyDelete
  10. Saya baru tahu kalau AKB dateng ke Dahsyat.. (T^T
    Nyesel gak tahu (T^T ... kenapa gak ngasih tahu (T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton videonya aja. :)

      http://www.onlinetainment.com/olga-syahputra-kembali-dihujat-setelah-mengejek-akb48.html

      Delete
  11. *komen OOT dulu*
    eh ada kartun personil Suju, itu siapa ya.. selalu ga apal kalau bentuknya udah kartun..
    trus terakhirnya ada Joong Ki joget2.. hehehe..

    untungnya org Indonesia tu pemaaf ga kaya netizen korea ya.. klo di Korea gt dikit kayanya udah langsung dihujat-hujat.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gitu ya. lain kali Olga harus lebih menghargai kedatangan artis luar. gak asal ceplas ceplos.

      kurang tau. aku ambil disini :) http://koreanindo.net/2009/09/29/super-junior-cartoon-is-so-cute/

      Delete
  12. Jadi AKB48 datang ke indo ya? kok gue kaga tau.. ._.v

    ReplyDelete
  13. Huh, sejak dulu saya sudah gak respek ama Olga. *kesal*

    ReplyDelete
  14. iya, aku jg sempat nonton saat AKB48 datang ke indo, di dahsyat ya kalau nggak salah...
    langsung aku ganti chanel tv karena malu melihat presenternya yang kayak nggak menghargai AKB48...

    ReplyDelete
  15. terlepas dr opini kita, tayangan di tv itu utk tujuan komersil, jadi kadang terkesan lebih mengutamakan untung drpd kualitas..

    ReplyDelete
  16. whoah, such a hard topic..
    Sebenernya tontonan televisi seseorang itu tergantung sama mind set mereka sih yya, kalo aku personally sih sebenernya jarang liat TV sekarang, dan kalo nonton tv juga lebih suka talk show cerdas kayak kick andy gitu ato acara yang menghibur kadang kalo lagi suntuk. Jarang banget sekarang ngikutin acara ajang pencarian bakat. Selain males ngikutin, juga udah bosen kali yya..
    Mau nggak mau kan, selera pasar kayak gitu dan mereka juga ngejar rating kali yyah. maybe..

    hihi,, nice post btw, thanks udah mampir ke blog-ku yya.. salam kenal.. :)

    xoxo
    kelimutu

    ReplyDelete
  17. Aku udah jarang ngikutin acara Indonesia, terutama musiknya. Nggak sama sekali. Di playlistku, nggak ada satu pun lagu Indonesia. Bukannya sombong, tapi beneran payah musik Indonesia sekarang.

    Lawakan juga. Nggak pernah suka lawakan dari indonesia. Kalo nggak jelekin orang lain, ya pasti dirty joke.

    ReplyDelete
  18. kunjungan sob ..
    salam sukses selalu ..:)

    ReplyDelete
  19. bagus deh blognya hehe..checkout blog aku yaaah thankyou:)

    ReplyDelete
  20. biasanya yang instan tenar kebanyakan bakal gampang hilang juga..lihat deh beberapa artis instan dari acara2 tallent yang sejenisnya..rata2 pasti cuma bertahan beberapa waktu aja..
    kalau olga mah emang aku gx suka becandaannya..omongannya juga gak ada yang berisi setiap bawaain acara..

    ReplyDelete
  21. Maless ngurusin orang lain, diri sendiri saja masih berantakan sana-sini. dan siapapun berhak jadi artis, masalah kualitas biar waktu yang membuktikan :)

    ReplyDelete
  22. saya suka tahan tawa, lucu bgt lihat ekspresi nahan ketawanya. Kalau idol males nonton, banyak orang yang membadutkan dirinya sendiri. Sudah tahu kualitas ga ada masih ikutan audisi.

    ReplyDelete
  23. wah, saya jarang nonton tivi jeng, tapi itulah dunia hiburan, selalu mengundang seribu obsesi, dan kebanyakan mereka sukses memperdaya penontonya :D

    ReplyDelete
  24. olga emang parah dia kalo ngelawak, lawakannya ngatain orang.
    ngomong2 nice info nih Chivi .
    mampir balik ya :D

    ReplyDelete
  25. paling sebel kalo cuma modal tampang aja ya. tapi suaranya false

    ReplyDelete